Flickr

Subscribe

Friday, March 10, 2017

Internet Access

⟶Internet Access⟵



Pada kali ini, saya akan mentutorialkan bagaimana caranya sih agar router kita terhubung dengan akses point dari smartphone? Nah, untuk itu Anda harus mengaktikan tethering pada smarthphone Anda dan jangan lupa diberi password untuk keamanan. Setelah sudah, mari kita coba dengan langkah berikut ini.

1. Buka aplikasi WinBox pada PC Anda. Login lah menggunakan Mac Address jika Ip Addressnya 0. Namun, jika terdapat Ip Addressnya bisa login menggunakan Ip Address. Klik Connect untuk login.


2. Kemudian, jika tadi login menggunakan Ip Address maka harus menghapus configuration terlebih dahulu yaitu dengan cara klik System, pilih Reset Configuration, ceklis No Default Configuration dan klik Reset Configuration.


3. Dan untuk yang login menggunakan Mac Address tidak perlu menghapus configuration dikarenakan Ip Addressnya sudah 0. Sehingga tidak perlu menghapus configuration lagi. Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah pilih option Wireless.


4. Akan muncul tulisan Wireless Tables. Pilih option Interfaces, klik wlan 1 dan klik tanda ceklis untuk mengaktifkan. Setelah aktif barulah double klik pada wlan 1 untuk masuk wlan interfaces.


5. Pada saat di Intefaces wlan 1, pilihlah option Wireless. Atur modenya menjadi station dan untuk option lainnya biarkan default. Setelah sudah klik scan untuk mencari wifi/akses point yang akan digunakan.


6. Pada saat sudah masuk scan pada interface wlan1 1, carilah akses point milik Anda yang akan digunakan. Klik SSID nya kemudian klik Connect supaya dapat terhubung.


7. Secara otomatis pada Interface SSIDnya akan berubah seperti yang sudah kita pilih tadi. Jika dirasa sudah benar, klik Apply dan OK.


8. Selanjutnya kembali lagi ke Wireless Tables, karena tadi sudah mengatur Interfacenya, sekarang kita ke Security Profiles untuk memasukkan password yang digunakan pada akses pointnya. Yaitu dengan klik tanda plus(+)  dan akan muncul default. Kemudian, double klik pada default untuk masuk.


9. Setelah itu, atur Mode yang digunakan menjadi dynamic keys. Akan muncul beberapa pilihan lainnya. Pada Authentication Types, ceklis lah pada WPA PSK dan WPA2 PSK. Isikan password yang digunakan pada akses point pada WPA Pre-Shared key dan WPA2 Pre-Shared Key. Isikan password dengan benar. Jika sudah klik Apply dan OK.



10. 
Atur lah DHCP Client yaitu dengan cara cari option IP kemudian klik DHCP Client.


11. Nah, terlihat masih kosong. Untuk menambahkannya klik tanpa plus(+).


12. Pada New DHCP Client, atur interfacenya menjadi wlan 1 karena tadi kita menkonfigurasinya pada Wireless Tables adalah wlan 1. Setelah itu, klik Apply.


13. Pada saat sudah di Apply, akan muncul DHCP Options dan kita harus mengaturnya menjadi clientid untuk keduanya. Jika sudah klik OK.


14. Kembalilah ke Wireless Tables lagi. Lihat pada Interfaces, apakah terdapat tulisan R disamping wlan1? Jika ada maka bisa dipastikan sudah terhubung antara router yang digunakan dengan akses point yang dituju. Untuk membuktikannya mari kita lakukan uji ping.


15. Untuk melakukan uji ping kita perlu ke terminal yaitu dengan cara cari option New Terminal lalu klik. Setelah itu, akan muncul terminal seperti gambar berikut.


16. Kemudian lakukan uji ping dengan cara ping ke google terlebih dahulu dengan perintah ping google.com. Jika terjadi reply, maka sudah berhasil terhubung dengan akses point yang digunakan. Namun, jika belum maka bisa jadi kesalahan pada saat mengatur interfacesnya atau Anda tidak memiliki kouta internet hihihi:) 





No comments:
Write comments

Do you miss me like i miss u?

Apakah Kamu Suka Dengan Blog ini?
Yuk kirim Kritik dan Saran mu!